Jumat, 12 Oktober 2012

Cara memilih kabel listrik yang baik

Pasti semua orang sudah tahu dengan yang namanya kabel. Kabel adalah suatu media yang digunakan jalur dalam pengiriman daya atau energi dari sumber ke perangkat lain. Tapi sudahkah anda tahu cara memilih kabel yang baik untuk anda gunakan.? Mungkin sebagian orang ada yang belum tahu atau awam dalam hal ini, disini saya ingin berbagi cara memilih kabel yang baik. Mungkin juga banyak orang yang tidak begitu memperhatikan hal ini, padahal hal ini dapat berakibat fatal bila tidak anda lakukan. Seperti contohnya, bila kita lihat berita tentang kebakaran yang banyak disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik. Mengapa bisa demikian, itu disebabkan karna mereka mungkin kenggunakan kabel yang memiliki kualitas dibawah standar yang telah ditentukan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara). Agar tidak terjadi hal yang seperti saya sebutkan diatas, saya akan memberitahukan cara memilih kabel yang baik untuk anda gunakan.

Caranya:
  1. Bisa dilihat dari penampilan kabel, yang mana kabel itu memiliki kulit luar yang licin dan kenyal serta sedikit mengkilap
  2. Coba anda cubit atau coba sobek bagian ujung kulit luar kabel, jika kabel itu berkualitas baik maka kulit luarnya tidak akan sobek saat kita cubit dengan kuku
  3. Lihat ukuran serabut atau kawat yang ada didalam kabel tersebut, yang mana ukuranya harus sesuai dengan yang tertulis pada sisi kulit luarnya. Jika ukurannya sudah sesuai, berarti kabel tersebut yang memang harus anda gunakan.
Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat anda akan membeli kabel, karna ada beberapa jenis kabel yang tidak sesuai dengan standar PLN. Yang terkadang ukuran kawat atau serabutnya tidak sesuai dengan ukuran yang tertera pada kabel tersebut. Sekian informasi dari saya.

Lebih baik mencegah daripada mendapat musibah.

1 komentar:

  1. nice info gan.
    -
    mampir di mari juga gan lampuutama.blogspot.com
    berita.lampuutama.com

    BalasHapus

maaf kalo postinganku kurang lengkap.
dan terima kasih atas kunjungannya.
tinggalkan kritik dan saran
untuk membuat saya menjadi lebih baik.
terimakasih.
Dan bagikan pada teman jika postinganku bermanfaat.
terimakasih...

>